Testimoni Sugiono, ST (industri 1995-2000)

Assalamualaikum, Wr.Wb

foto industri testimoniNama saya Sugiono, saat mendaftar sebagai mahasiswa universitas muhammadiyah Magelang dari wilayah kabupaten Cilacap Barat tepatnya Majenang, setelah lulus dari SMAN 1 Majenang pada tahun 1995 kemudian saya melanjukan belajar di Magelang, tepatnya di Universitas Muhammadiyah Magelang dan selesai menjalani proses pendidikan pada tahun 1999 dan wisuda pada tahun 2000.

 

Magelang merupakan tempat yang ideal untuk belajar karena situasi dan kondisi di daerah tersebut sangat mendukung untuk prose belajar, iklim yang sejuk, lingkungan yang aman dan biaya hidup buat pelajar yang sangat terjangkau, maklum saya anak PNS jadi factor operational cost and living cost menjadi pertimbangan utama, saya harus bisa mengoptimalkan resource yang ada. Dari keterbatasan ini lah saya harus mulai belajar me manage, maka akan sangat tepat jikalau saya memilih jurusan teknik management industry.

 

Saya sangat banga melihat perkembangan yang sangat pesat yang di alami oleh Universitas Muhammadiyah Magelang saat ini, perkembangan yang terjadi saat ini menunjukan bahwa Universitas Muhammadiyah Magelang serius dan focus membangun pendidikan yang lebih baik terutama di wilayah Magelang dan sekitarnya.

 

Pada tahun 1995 kamus Universitas Muhammadiyah Magelang tidak sebesar dan semegah kampus yang ada saat ini, kami menjalani proses belajar dengan keterbatasan yang ada, namun hal tersebut tidak membuat kecil hati kami untuk terus belajar dan mengembangkan diri, dengan keterbatasan itulah kita menjadi creative dalam segala hal, tanpa di sadari hal ini membentuk karakter fighting saya dalam bisnis.

 

Universitas Muhammadiyah Magelang mempunyai kelebihan yang berbeda sepanjang pengamatan saya pada waktu itu dibandingkan dengan kampus yang lain, kampus-UMM memberikan banyak ruang serta support bagi mahasiswa untuk melakukan ekspresi baik di internal maupun external kegiatan kampus. Dari sisi internal kampus memberikan banyak kesempatan kepada kami yang mempunyai prestasi untuk ikut serta pada program beasiswa, pada waktu itu saya memperoleh beasiswa SUPERSEMAR untuk periode 1997-1998 kemudian dilanjutkan dengan mendapat beasiswa Asian development bank pada tahun 1998-1999. Kemudian dari sisi external kampus selalu mendukung kegiatan pengembangan diri mahasiswa melalui organisasi kegiatan kampus, seperti pecinta alam, sanggar seni, Menwa, koprasi, dll.Aktive dalam organisasi merupakan hal yang saya sukai ketika masa  kuliah, dan berikut beberapa aktivitas yang pernah saya  lakukan:

 

Tahun Nama Organisasi Jabatan
1999-2000 HimpunanMahasiswa TeknikIndustri Ketua Umum
1999-2000 SenatMahasiswaPerguruanTinggi Ketua Bidang 1
1999 PANWASLU kotamadyaMgelang` Sekertaris
1997-1999 SenatMahasiswaFakultas Teknik Ketua
1998-2000 MahasiswaPecintaAlamRimbaRayaIndonesia Ketua Umum

 

Setelah selesai pendidikan saya kemudian Hijrah ke Jakarta, saya di tarik oleh salah satu perusahaan kecil di Jakarta yang bergerak di bidang Telekomunikasi, ternyata ini lah yang menjadi cikal bakal pendalaman karir saya di pekerjaaan, Industri telekomunikasi menjadi bagian dalam hidup saya sampai saat ini sehingga mencapai ada posisi puncak karier.

 

Perjalanan pajang setelah selesai kuliah bukan lah suatu yang mudah buat saya, rintangan, halangan serta kerikil dalam perjalanan tersebut sangatlah berat, namun saya selalu mencoba memperbaiki dari baik menjadi lebih baik. Saya masih teringat ke Jakarta hanya membawa bekal selembar Ijasah, dan saya mengalami kehidupan seperti pada syair sebuah lagu, , “tidur diatas alas Koran” , hidup di kontrakan sempit dan bau, bisa dibayangkan betapa kumuhnya saya pada waktu itu, satu hal yang tidak saya lepaskan dalam hidup saya bahwa saya punya SEMANGAT. Saya meyakini pada diri saya bahwa saya BISA lewati semua ini, karena saya yakin saya punya potensi untuk di kembangkan dan saya mampu !saya tetapkan target dalam hidup saya dan saya pacu diri saya sendiri!. Tahun pertama dan kedua saya tetapkan sebagai tahun pendalaman materi, saya tidak memikirkan gaji, dan saya hanya focus terhadap bisnis proses, networking dan selling. Pengin tau gaji yang saya terima pada saat itu ? Rp. 250.000 !menyedihkan ya ….?????.

 

Tahun pertama, kedua, ketiga saya lewati dan akhirnya di tahun ke empat posisi Manager saya raih, tahun ke lima menjadi General Manager !. Pada tahun ke Lima inilah saya mempertajam kopetensi ketingkat yang lebih tinggi yaitu ke skala internasional, al hasil belahan dunia saya jelajahi seperti, Jerman, Hungaria, Austria, Usbekistan, Hongkong, Chinna, Singapore, Thailand dan Malaysia. Tak tanggung-tanggung saya pernah memperoleh gelar sebagai internationalthe best sales and development dalam ajang cellular and broadcasting summit meeting di Munich Jerman.

 

Kuliah di Universitas Muhammadiyah Magelang membuat banyak perubahan dalam hidup saya, dan saya telah membuktikan bahwa kualitas pendidikan yang ada di Universitas Muhammadiyah Magelang telah sejajar dengan lulusan universitas yang lain, bahkan setingkat lebih tinggi, terbukti saya pernah menjadi leader dari lulusan universitas ternama yang ada di Indonesia.

 

Semoga ini bisa menjadi inspirasi terhadap teman-teman semua, karena dengan tekad yang kuat serta usaha yang keras semua yang kita inginkan dan rencanakan dapat tercapai, tentunya kita harus mengimbangi dengan DOA.

October 4th, 2015   Uncategorized Add New

Leave a Reply



  • Latest Posts

    DAFTAR MAHASISWA PENDING REGISTRASI SEMESTER GASAL 2017/2018
    DAFTAR MAHASISWA PENDING PRODI TEKNIK INDUSTRI (S1) bisa diunduh disini DAFTAR MAHASISWA PENDING [...]
    Pembekalan Calon Wisuda Angkatan ke-67
    Informasi lebih lanjut bisa diunduh disini[...]
    Jadwal Remidi Periode Semester Genap TA 2016-2017
    Jadwal Remidi memenuhi kuota (terjadwal) bisa diunduh disini Daftar Mata Kuliah Remidi langsung k[...]