Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) adalah Perguruan Tinggi Swasta yang terletak di Daerah Kota/Kab Magelang Provinsi Jawa Tengah berdiri tanggal 31 Agustus 1964 dan merupakan lembaga pendidikan tinggi dibawah naungan peryarikatan Muhammadiyah. Universitas Muhammadiyah Magelang berkiprah dalam mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan kesenian dalam rangka memajukan kesejahteraan umat serta ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan umat serta ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

UMM berkiprah dalam mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan kesenian dalam rangka memajukan islam dan meningkatkan kesejahteraan umat serta ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai lembaga yang mengemban misi agama, berusaha menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana dan tenaga ahli yang berwawasan keagamaan, kebangsaan, keunggulan, persatuan, kesatuan dan kebersamaan sehingga mampu mengatasi setiap dinamika yang terjadi dalam masyarakat. Hal tersebut dimaksudkan agar lulusam UMM menjadi manusia beriman, bertaqwa, berkiprah pada dunia luas sehingga kaya alternatif dan memiliki peluang mengabdikan ilmunya menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT.

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang didirikan pada tahun akademik 1982/1983 dengan Program Studi Teknik Industri untuk pertamakalinya. Memperoleh status terdaftar bedasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0428/0/1985, tanggal 5 Oktober 1985.

Pada awal berdirinya Fakultas Teknik, tempat pendidikan dengan segala fasilitas ruang dan laboratorium masih berada di lingkungan kampus I yang berada di jalan Tidar No. 21 Magelang. PadaTahun 2001 Fakultas Teknik pindah ke kampus II yang berada di Jl. Mayjend Bambang Soegeng Km 5 Mertoyudan Magelang. Pada tahun 2001 juga Fakultas Teknik membuka program studi baru jenjang Diploma Tiga (D3) dengan Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Teknik Otomotif.Tahun 2006 Fakultas Teknik membuka Program Studi Teknik Informatika (D3) konsentrasi Teknisi Jardiknas.

Dan pada tahun 2007 Fakultas Teknik membuka Program Studi Teknik Informatika/Perangkat Lunak (S1) dan Teknisi Jardiknas.