Laboratorium merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung proses belajar mengajar sesuai kurikulum yang diberikan untuk membekali lulusan.

Terwujudnya kompetensi utama dan pendukung yang telah ditetapkan dalam kurikulum, keberhasilannya tentu dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas laboratorium.

Laboratorium di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah magelang terdiri dari laboratorium mandiri terpadu.

  1. Laboratorium Mandiri

Laboratorium Mandiri digunakan untuk spesifik program studi.

a. Program Studi Teknik Industri

Laboratorium di Program Studi Teknik Industri dalam mendukung kurikulum terdiri dari laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi (PSK&E), Laboratorium Perancangan Optimasi Sistem Industri (POSI).

b. Program Studi Teknik Informatika

Laboratorium di Program Studi Teknik Informatika dalam mendukung kurikulum terdiri dari Laboratorium Jaringan Komputer, Laboratorium Sistem Operasi, Laboatorium Multimedia, Laboratorium Pemrograman.

c. Program Studi Mesin Otomotif

Laboratorium di Program Studi Mesin Otomotif dalam mendukung kurikulum terdiri dari Laboratorium Mesin Bensin dan Mesin Diesel, Laboratorium Pemindah Tenaga, Laboratorium Kelistrikan, Laboratorium Pengecetan, Laboratorium Sistem Pendingin.

2. Laboratorium Terpadu.

Laboratorium Terpadu diperuntukkan bagi Program Studi yang memiliki kompetensi sama.

a. Laboratorium Proses Produksi.

Laboratorium ini digunakan untuk program studi Teknik Industri dan Program Studi  Mesin Otomotif.

b. Laboratorium Pemrograman.

Laboratorium ini digunakan untuk Program Studi Teknik Industri, Program Studi Teknik Informatika, dan Program Studi Mesin Otomotif.

Selain laboratorium yang digunakan untuk praktikum, penelitian, dan pengembangan digunakan pula untuk pelatihan dan sertifikasi, yaitu Pelatihan Program Community Collage Mekanik Sepeda Motor Honda bekerja sama dengan PT Mekar Armada Tunas Jaya Magelang, Pelatihan Mekanik Sepeda Motor dan Engine Mobil bekerja sama dengan Disnakertransos Kota Magelang, Pelatihan Community Collage Marketing Pro Smart bekerja sama dengan PT Mekar Armada Tunas Jaya Magelang, sertifikasi CCNA bekerja sama dengan Cisco, sertifikasi Jeni bekerja sama dengan Sun Microsystems, dan Sertifikasi Telematika bekerjasama dengan LSP Telematika.