Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang unggul berorientasi pada kebutuhan stakeholder dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai Perguruan Tinggi di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Magelang melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi. Pengembangan nilai nilai Islam (Islamic value) dan kemuhammadiyahan merupakan nilai tambah selain melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Saat ini, Fakultas Teknik menaungi 4 (empat) Program Studi yaitu Teknik Industri (S1), Teknik Informatika (S1) dan (D3), serta Mesin Otomotif (D3). Fakultas Teknik memiliki komitmen untuk memajukan program studi yang sudah ada dan berencana mengembangkan program studi baru untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja dan penguatan institusi. Pengembangan program studi ini dapat berupa peningkatan jenjang program studi, perluasan kekhususan peminataan, atau membuka program baru sesuai dengan perkembangan kebutuhan stakeholder.

Dalam penyusunan rencana strategis dan rencana operasional ini, Evaluasi diri ( Evaluasi Mutu Internal ) digunakan sebagai dasar acuan menentukan strategi dengan melihat kondisi awal Fakultas. Kriteria penilaian pada evaluasi diri meliputi delapan komponen yang diuraikan sebagai berikut :

A. Bidang Penguatan Instritusi/Kelembagaan.

UMM berada dibawah naungan organisasi besar (Perserikatan Muhammadiyah). Visi, Misi, dan Tujuan Fakultas sangat jelas dan terukur sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Universitas dengan melaksanakan catur dharma sehingga melekat nilai-nilai islam pada lulusan Fakultas Teknik.

B. Bidang Tata Pamong dan Penjaminan Mutu.

Dalam pelaksanaannya sudah memiliki Landasar Yuridis (Pedoman Perguruan Tinggi Muhammadiyah) dan memiliki manual mutu dalam pengelolaan Fakultas yang melibatkan seluruh civitas akademika dalam pengambilan kebijakan.

C. Bidang Kemahasiswaan dan Layanan Alumni.

Keterlibatan mahasiswa dalam catur dharma perguruan tinggi pada berbagai kegiatan penyelenggaraan Fakultas dan mempunyai layanan mahasiswa lengkap mulai dari layanan akademik, informasi kerja, konseling, kesehatan, serta fasilitas untuk mendukung kemandirian dan kreativitas mahasiswa.

D. Bidang Sumber Daya Manusia.

Mempunyai landasan yuridis yang jelas dan prosedur baku tentang proses rekruitmen, pengelolaan, dan monitoring evaluasi terhadap sumberdaya manusia. dosen di Fakultas Teknik sebagian besar berusia muda (dibawah 40 tahun) yang mempunyai potensi untuk berkembang lebih besar karena bidang keahliannya sesuai dengan bidang keahlian program studi.

E. Bidang Kurikulum dan Suasana Akademik.

Proses akademik dapat terlaksana dengan baik sesuai kurikulum karena Fakultas Teknik mempunyai dosen yang sesuai dengan bidang keahlian pada tiap-tiap Program Studi dan sudah di inisiasi kerjasama dengan lembaga pendidikan luar negeri.

F. Bidang Sumber Daya Asset, Pembiayaan, dan Sistem Informasi.

Mempunyai sarana dan prasarana mahasiswa lengkap, terawat, dan seluruhnya milik sendiri. Untuk memperlancar praktek dan praktikum, Fakultas Teknik dilengkapi Laboratorium dan workshop untuk menjamin peningkatan kompetensi mahasiswanya.

G. Bidang Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, dan Kerjasama.

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilakukan rutin dibawah koordinasi LP3M. Fasilitas Laboratorium mendukung terciptanya kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Reputasi dalam pengabdian kepada masyarakat baik.

H. Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Sudah adanya Penyelenggaraan pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang rutin dan sudah memiliki Pusat Pengembangan dan Pembinaan Studi Islam.