IMG_1446Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobil’alamin, puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahNya sehingga website Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang ini bisa dibangun. Harapan kami semoga website ini dapat menjadi media informasi komprehensif bagi mahasiswa, staff pengajar, alumni, masyarakat mengenai segala aktivitas akademik maupun non akademik yang dilakukan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang.

Fakultas Teknik merupakan salah satu Fakultas yang berdiri  pada tahun akademik 1982-1983 dengan program studi Teknik Industri. Saat ini Fakultas Teknik memasuki usia yang ke 33. Usia yang sangat dewasa untuk menjadi fakultas penggerak kemajuan di Universitas Muhammadiyah Magelang. Perjalanan panjang dan berliku untuk ikut mencerdaskan bangsa dengan mentransformasikan ilmu pengetahuan di bidang rekayasa dan keteknikan merupakan sebuah perjalanan mulia untuk mengabdikan diri bagi bangsa, negara dan umat manusia.

Saat ini Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang memiliki empat program study yang terdiri dari dua program sarjana (S1) dan dua program vokasi (D3). Program sarjana meliputi S1 Teknik Industri dan S1 Teknik Informatika, dan program vokasi meliputi D3 Teknik Informatika and D3 Teknik Otomotive. Dosen yang dimiliki saat ini berjumlah 50 orang berkualifikasi S2 dan S3.

Sesuai dengan visi dari Fakultas Teknik “Menjadi lembaga pendidikan tinggi nasional yang berakhlakul karimah, unggul dan handal yang terpercaya dalam bidang teknologi sebagai tonggak peradaban pada tahun 2018”, Fakultas Teknik berkomitment untuk secara terus-menerus meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu akademik dan pelaksanaan audit mutu akademik internal yang dilakukan oleh Badan Penjaminan Mutu Fakultas (BPMF), meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta meningkatkan kualitas al islam dan kemuhammadiyahan bagi seluruh mahasiswa, karyawan dan staf pengajar. Semua ini adalah upaya Fakultas Teknik untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta berakhlakul kharimah.

Penguatan kerjasama nasional dan internasional merupkan salah satu program unggulan yang telah mulai dirintis dan dikembangkan melalui rencana kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dalam negeri (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Indonesia) dan perguruan tinggi luar negeri (Australia, United Kingdom, Germany dan Malaysia). Kerjasama ini merupakan salah satu gerakan ke depan yang dilakukan Fakultas Teknik untuk menjadi bagian dari global internasional insitusi yang tidak hanya dikenal di dalam negeri namun juga di luar negeri.

Demikian kami sampaikan, mudah mudahan Fakultas Teknik semakin maju dan jaya, melangkah tegap menyongsong era berkemajuan dimasa yang akan datang.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.